Sekilas Tentang Mushalla Az Zhilal

|


SEKILAS TENTANG MUSHALLA AZ ZHILAL

Kondisi kampus ushuluddin dari hari ke hari menunjukkan adanya pergeseran pola pikir. Kegairahan mahasiswa akan pemikiran filsafat cenderung mendorong mahasiswa untuk berpikir, berbicara dan bertindak kerap keluar dari bingkai syari’at islam.

Kondisi ini di perparah oleh semakin banyaknya dijajakan pemikiran-pemikiran yang sama sekali tidak berakar dari syari’at islam. AQIDAH DIGUNCANG; itulah kata yang paling tepat untuk kami gambarkan. Disamping itu kondisi Ushuludin di atas. Kampus yang menyandang nama Institut Agama Islam Negeri ini mengikuti jejak para pendahulunya seperti : UIN Syarif Hidayatullah, IAIN Sunan Kali Jaga dsb, seperti digiring menuju arah sekularisasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan ktifitas dari civitas akademika yang menyampaikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sosial mereka. Disamping itu, juga dalam menyikapi berbagai persoalan-persoalan, syari’at islam menjadi pertimbangan yang ke sekian bukan yang pertama dan utama.

Menyikapi kondisi ini, mushalla Az Zhilal mencoba ber fastabiqul khoirot untuk membentengi dan mengubah pola piker civitas akademika menuju nilai-nilai islam yang kaffah. Oleh karena itu bantuan donator untuk menyukseskan program mushalla Az Zhilal sangat diharapkan karena selama ini tidak ada anggaran khusus untuk mendukung program-program mushalla Az Zhilal. Berbeda halnya dengan gerakan-gerakan lainnya yang mencoba merusak pola pikir mahasiswa, mereka mempunyai dana yang sangat besar karena di tunjang oleh donator-donatur dari luar.

Dan dengan lantang kami teriakkan

“KAMI MENTOLERIR PERBEDAAN TAPI KAMI TIDAK

MENTOLERIR PEYIMPANGAN”

SEJARAH MUSHALLA AZ ZHILAL :

Mushalla Az Zhilal fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry merupakan sebuah organisasi da’wah yang mengkhususkan diri pada bidang aqidah, pemikiran, studi qur’an dan hadits, counter liberalisme, aliran-aliran keagamaan dan harakah. Pada awalnya, mushalla Az Zhilal merupakan sekelompok kajian atau diskusi atau keislaman mahasiswa/I fakultas Ushuluddin yang kemudian merasa urgen atau pentingnya berdiri dalam satu organisasi yang teratur.

Akhirnya, niat tersebut disampaikan kepada pihak dekanan fakultas Ushuluddin yang menyambut baik berdirinya mushalla Az Zhilal. Nama Az Zhilal sendiri yang berarti “NAUNGAN” menjadi harapan para pendiri agar hendaknya da’wah Az Zhilal menuju kepada da’wah qur’ani.

Visi Mushalla Az Zhilial

  • Aplikasi nilai-nilai islam di kampus dan sekitarnya.
  • Amar ma’ruf nahi munkar.
  • Mengembangkan kerja sama, koordinasi, komunikasi, integrasi dan persaudaraan antar seluruh elemen mahasiswa IAIN.
  • Memberikan kontribusi positif bagi penyelesaian masalah-masalah di kampus IAIN.

Misi Mushalla Az Zhilal

  • Menjadi unsur perekat kesatuan gerakan mahasiswa.
  • Menjadi wadah da’wah dilingkungan kampus.
  • Melakukan program pengembangan SDM dan kaderisasi yang lebih terstruktur, terkontrol agar terbentuk pribadi-pribadi muslim yang selaras dengan Al-Qur’an dan As Sunnah.
  • Melakukan amal khadami (pelayanan) kepada segenap civitas akademika.

Karakteristik Mushalla Az Zhilal

  • Siddiq, berkomitmen teguh untuk menjadikan Al-Qur’an dan As Sunnah sebagai indicator kebenaran
  • Tabligh, berkomitmen untuk menyampaikan kebenaran pada siapapun dan dimana pun.
  • Amanah, berkomitmen untuk mengemban tugas dan risalah kenabian hingga akhir hayat sebagai bentuk amanah manusia di muka bumi.
  • Fathanah, berkomitmen untuk menyampaikan kebenaran dengan cara hikmah dan pelajaran yang baik.

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

©2009 Ahlan Wa Sahlan... | Template Blue by TNB